Hi, guest ! welcome to Susan. | About Us | Contact | Register | Sign In
Create your own banner at Susan

30 Persen Penderita IMS Tertular Melalui PSK


Staf Klinik Bestari Dinas Kesehatan Kota Medan, Evy Ohara Mkes mengatakan sebanyak 30 persen, penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) tertular melalui pekerja seks komersial (PSK).
"Faktor risiko terbesar penyebab IMS adalah melalui PSK yakni mencapai 20 sampai 30 persen, sementara Lelaki Suka Lelaki (LSL) mencapai sekitar 10 persen," katanya di Medan Senin.
Ia mengatakan, sepanjang tahun 2012, Klinik Bestari Dinas Kesehatan Kota Medan melayani sebanyak 1.004 orang yang mengalami IMS, dan dari jumlah itu penderita terbanyak adalah PSK mencapai 60 persen.
Berdasarkan data, kata dia, pada Januari 2012 ada 60 penderita IMS yang memeriksakan diri ke Klinik Bestari, Februari (60), Maret (82), April (63), Mei (63), Juni (164), Juli (55), Agustus (62), September (90), Oktober (102), November (98), dan Desember 105 orang.
"Namun dari jumlah itu ada yang cuma satu kali datang saja apalagi yang dari luar kota," katanya.
Sementara Kepala Staf Medis Fungsional Bagian Penyakit Kulit dan Kelamin RSUD Dr Pirngadi Medan, dr Irwan F Rangkuti SpKK, menyebutkan, rata-rata sepanjang tahun 2012 jumlah yang datang dengan keluhan IMS memang kecil yaitu 40-an orang dengan berbagai penyakit kelamin.
Ia mengatakan disebut dengan penyakit kelamin atau IMS karena adanya hubungan seksual dan umumnya datang setelah adanya keluhan, seperti karena GO (Gonore) dengan masa inkubasi dua sampai lima hari.
Namun, kalau penyakit itu sampai berlarut-larut bisa menyebabkan kemandulan.
"Namun kalau perempuan, gejalanya tidak nampak atau symtomatis dan hanya diketahui setelah berhubungan dan terinfeksi. Jadi yang bahayanya GO itu pada perempuan karena merasa tidak ada gejala. Ini bisa menyebabkan terjadinya keguguran, kemandulan, anak lahir cacat, mati dalam kandungan atau lahir sebelum waktunya," katanya.
Share this article now on :